Lulus dari Asper bisa kemana aja sih?

Tuesday, Jul 20, 2021| Tags: blog

Kompetensi keahlian ASISTEN KEPERAWATAN adalah kompetensi yang menghasilkan tenaga ahli di bidang pelayanan dasar keperawatan khususnya dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia.

Lulusan dari kompetensi keahlian asisten keperawatan diharapkan dapat memfasilitasi perawatan individu, keluarga, masyarakat, sehingga mereka dapat mencapai, mempertahankan, dan memulihkan kondisi kesehatan yang optimal dan kualitas hidup yang prima.

Abis lulus SMK Jurusan Asisten Keperawatan bisa kemana aja sih??

Apakah bisa kuliah? Bisa dooonngg !!!

Semua lulusan SMK dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi jika ingin menambah pengetahuan, wawasan serta kompetensinya agar kelak menjadi tenaga profesional yang handal. Biasanya, lulusan SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi dengan pilihan jurusan yang sesuai dengan kompetensi keahliannya saat di SMK akan lebih berprestasi dan lebih terampil jika dibandingkan dengan lulusan SMA karena di SMK telah mempelajari mata pelajaran produktif yang disesuaikan dengan kompetensi keahliannya masing-masing.

Kalau mau kerja? Kerja dimana ya? Banyak pilihan pekerjaan yang bisa di pilih.

Pilihan yang pertama, lulusan Asisten Keperawatan dapat bekerja di klinik atau rumah sakit sebagai tenaga level menengah yang memberikan pelayanan terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia seperti kebutuhan personal hygiene, kebutuhan nutrisi, kebutuhan eliminasi dan kebutuhan mobilisasi.

Pilihan kedua, lulusan Asisten Keperawatan dapat bekerja sebagai perawat di klinik kecantikan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang baru lulus asisten keperawatan, namun memiliki hobi di dunia kecantikan. Tugas utamanya hampir sama dengan perawat pada umumnya. Yang membedakan adalah kamu akan lebih fokus merawat pasien yang melakukan treatment kecantikan.

Pilihan ketiga adalah lulusan Asisten Keperawatan bisa bekerja di klinik Home Care. Klinik Home care adalah klinik yang memberikan fasilitas perawatan di rumah terhadap pasien.

Kalau mau kuliah sambil kerja di luar negeri bisa gak? Tentu bisa….

Tenaga asisten keperawatan sangat dibutuhkan di luar negeri. Kamu bisa ikutan program pertukaran pelajar ke Jepang dan melanjutkan program pendidikan kamu disana. Sambil kuliah, kamu bisa kerja sebagai tenaga asisten keperawatan disana.

Semasa sekolah, asisten keperawatan akan di bekali berbagai macam ilmu keperawatan, diantaranya adalah Kebutuhan Dasar Manusia dan Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan. Dengan ilmu tersebut, lulusan Asisten Keperawatan dapat memberikan pelayanan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan klien dalam bidang hygiene, nutrisi, mobilisasi dan banyak lagi.

Bekal ilmu yang diberikan semasa sekolah tak hanya berguna untuk mencari pekerjaan, tetapi ilmu tersebut dapat diterapkan sehari-hari kepada keluarga dan orang sekitar yang membutuhkan. So… kalau kamu mau jadi entrepreneur juga bisa loohhh…. Kamu bisa melakukan kegiatan pemenuhan kebutuhan dasar manusia dengan ilmu yang sudah kamu pelajari semasa sekolah.

Nah…. Udah tau kan kalau lulus dari asper itu banyak juga peluang kerjanya.

Kalau masih galau mau ngapain setelah lulus dari kompetensi keahlian Asisten Keperawatan?

Tenang… ayo chat Mimin… Nanti mimin bantu sharing-sharing biar gak galau dan bingung…