Pesantren Kilat Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah

Friday, Apr 30, 2021| Tags: blog

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Puji dan Syukur Alhamdulillah ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, Alhamdulillah.. Sholawat beserta salam semoga Allah SWT limpah curahkan kepada nabi besar kita yakni Baginda Nabi Muhammad SAW.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu oleh seluruh kaum muslim dipenjuru dunia. Pesantren kilat merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa di sekolah. Pesantren kilat (Sanlat) Ramadhan adalah salah satu agenda tahunan SMK Kesehatan Pelita. Sanlat tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena melaksanakan kegiatan secara online dan offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Yosa Taufiq Ismail, S.T.M.Pd  Kepala SMK Kesehatan Pelita

“Bulan Ramadhan disebut juga sebagai ”The Month of Training” Bulan yang di dalamnya penuh dengan berbagai latihan, baik latihan fisik maupun mental. Latihan fisik karena kita dilatih untuk tetap bekerja secara profesional kendatipun dalam keadaan berpuasa. Sedangkan latihan mental diantaranya kita dilatih untuk mampu mengendalikan berbagai hasrat dan keinginan. Kami berharap semoga Ramadhan tahun ini dapat menjadikan diri kita sebagai insan insan yang muttaqin, berakhlaqul karimah, berdedikasi yang tinggi serta mampu menjadi suri tauladan bagi para siswa dan bagi keluarga kita.” (Yosa Taufiq Ismail, S.T.M.Pd Kepala SMK Kesehatan Pelita)

Sidik,S.PdI, Ketua Pelaksana SANLAT

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI, dilaksanakan mulai tanggal 16 April hingga 30 April 2021Kegiatan sanlat ini menjadi ajang silaturahim bagi siswa-siswi yang sudah lama tidak bertemu dengan teman dan guru, selain itu siswa-siswa juga mendapatkan pembelajaran dan pengalaman baru khususnya tentang pengurusan jenazah. “ Saya berharap Semoga kegiatan sanlat ini dapat memberikan bekal untuk masa depan kalian karena banyak ilmu dan pengalaman yang akan didapatkan. Kalian disini sedang thoolabul ilmi, yaitu mencari ilmu, maka manfaatkanlah kesempatan ini untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya”. (Sidik,S.PdI, Ketua Pelaksana SANLAT)

Zikir Bersama dan Membaca Qur’an Surat Pendek

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI, dilaksanakan mulai tanggal 16 April hingga 30 April 2021. Adapun kegiatan sanlat yaitu dimulai dengan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dilanjut dengan zikir bersama yang dipimpin oleh guru agama. Setelah itu seluruh siswa bersama-sama membaca surat pendek dimulai dari Q.S Al-’Aadiat hingga Q.S an-Naas.

Kegiatan mengurus Jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, menshalatkan, dan menguburkan Jenazah.

Siswa Berkumpul setelah melaksanakan Kegiatan Sanlat, mendengarkan materi yang disampaikan oleh Pemateri.

Nabila Sesar Riftia Kelas X Farmasi Klinis dan Komunitas, Peserta Sanlat Ramadhan

“Alhamdulillah saya telah mengikuti Sanlat hari ini, sanlat hari ini sangat bermanfaat sekali, menambah wawasan saya tentang bagaimana pengurusan jenazah, Saya juga dapat bersilaturahim dengan teman teman yang lain, Semoga Ramadhan Tahun ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya”. (Nabila Sesar Riftia ,peserta kegiatan sanlat)

Kegiatan Sanlat Online Melalui Aplikasi Zoom dan Live Streaming Youtube

Kegiatan Sanlat Online dengan tema “Bincang Ramadhan Pelita. Ramadhan EXO, Be The Best Not Beasa” dilakukan melalui Aplikasi Zoom dan Live Streaming Youtube dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu, Pukul 16.00 – 17,00 wib. Selain Siswa mendapat Ilmu,  Siswa juga bisa ngabuburit menunggu waktu berbuka.

Seluruh siswa diwajibkan untuk Sanlat Online, menyimak pemaparan materi yang disampaikan oleh Ustadz dan Moderator Sanlat, materi sanlat online yaitu mengenai akidah, akhlak, pergaulan bebas dan sejarah islam, Materi tersebut dirancang semenarik mungkin sehingga siswa lebih mudah untuk memahami isi yang disampaikan dan siswa tidak jenuh dengan sanlat Online ini


Red:Dewa-pelitacorner-