SILATURAHMI DI PENGHUJUNG RAMADHAN 1442 H-

Friday, May 7, 2021| Tags: blog

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Puji dan Syukur Alhamdulillah ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, Alhamdulillah.. Sholawat beserta salam semoga Allah SWT limpah curahkan kepada nabi besar kita yakni Baginda Nabi Muhammad SAW.

Alhamdulilah, di penghujung Ramadhan 1442 H ini, Keluarga Besar SMK Kesehatan Pelita telah melaksanakan Silaturahmi, yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Guru dan Staff SMK Kesehatan Pelita. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 1 hari, yaitu pada tanggal 07 Mei 2021.

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menyatakan, silaturahmi adalah berbuat baik kepada karib kerabat sesuai dengan keadaan orang yang menghubungkan dan orang yang dihubungkan. Terkadang menggunakan harta, adakalanya dengan memberi bantuan tenaga, sekali waktu dengan kunjungan, atau dengan memberi salam, dan lain sebagainya.

Silaturahim ditujukan bagi orang yang punya hubungan kurang baik dengan kerabatnya, kemudian ia hendak memperbaikinya.

Rasulullah Muhammad Saw bersabda;

“Orang yang menyambung silaturrahmi bukanlah yang memenuhi (kebutuhan), melainkan orang yang menyambung hubungannya kembali ketika tali silaturrahmi itu sempat terputus.” (HR. Bukhari)

“Silaturahmi itu meluaskan pikiran, memperkaya sudut pandang, dan merupakan satu di antara dari sekian banyak pintu rezeki. Seorang muslim yang baik tentunya mendoakan saudaranya, memberikan rasa aman kepada tetangganya, dan memberikan manfaat untuk banyak orang. Silaturahmi adalah inti dari kekuatan umat muslim dalam menjaga persatuan.” (Yosa Taufiq Ismail, S.T.M.Pd Kepala SMK Kesehatan Pelita)

Berikut merupakan rangkaian kegiatan selama Silaturahmi SMK Kesehatan Pelita :

Menyambut Idulfitri, ada satu amalan yang wajib ditunaikan oleh seorang Muslim, yaitu zakat fitrah. Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa, baik laki-laki dan perempuan Muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan pada Idulfitri.

Perintah untuk menunaikan zakat fitrah ini tertuang dalam hadis Ibnu Umar ra, yang artinya :

Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Zakat fitrah bertujuan untuk mensucikan diri. Selain itu, melaksanakan salah satu rukun Islam ini juga menjadi bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu serta berbagi kebahagiaan di hari raya agar setiap orang dapat merasakannya.

Seseorang yang telah mengkhatamkan Al-Qur’an, terutama di bulan suci Ramadhan, sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an, dianjurkan untuk mengumpulkan keluarga, kerabat, tetangga, ataupun teman-temannya untuk bersama-sama berdoa mengharap limpahan karunia Allah lewat keberkahan khatam Al-Qur’an. Sebab di antara saat terijabahnya doa adalah ketika mengkhatamkan Al-Qur’an. Di antara hadits-hadits yang menjelaskan keistimewaan berdoa saat khatam Al-Qur’an sebagai berikut :  “Apabila dikhatamkan Al-Qur’an, maka turunlah rahmat Allah” (HR at-Thabrani dan Ibnu Abi Syaibah dari Mujahid).

Dalam hadits riwayat ad-Darimy, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Barang siapa telah membaca Al-Qur’an (khatam) kemudian dia berdoa, maka ada 4 ribu malaikat yang mengaminkan doanya” (HR ad-Darimy).

Bahkan lebih dahsyat lagi, keistimewaan berdoa saat khatam Al-Qur’an juga diungkapkan dalam hadits riwayat ad-Dailamy : “Apabila seorang hamba telah mengkhatamkan Al-Qur’an, maka akan hadir 60.000 malaikat yang membacakan istighfar untuknya saat khatam Al-Qur’an tersebut” (HR ad-Dailamy).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala SMK Kesehatan Pelita, seluruh Guru dan Staf SMK Kesehatan Pelita, Kegiatan ini dilaksanakan hari Jum’at pada tanggal 07 Mei 2021 Pukul 16.00 wib – Selesai. Dengan silaturahmi, rasa persaudaraan dan saling memiliki akan terbangun. Bersilaturahmi juga bisa menjadi satu di antara cara untuk menjaga hubungan antarsesama tetap baik dan harmonis. Itulah mengapa, penting untuk terus menjalin tali silatrahmi antarsesama manusia dari berbagai golongan. Kegiatan Silaturahmi ini meliputi :

  1. Pembagian Zakat dan Kegiatan Sosial
  2. Khataman Al-Qur’an dan berdo’a bersama
  3. Mendengarkan ceramah dan siraman rohani
  4. Buka Bersama
  5. Sholat Maghrib Berjamaah

Indahnya kebersamaan akan diraih apabila sesama muslim saling menjaga silaturahim, memberikan kepedulian kepada sesama. Karena bagi seorang islam, kekuatan terbesar adalah solidnya persaudaraan muslim

Red: Dewa-pelitacorner